Nih Buah Belimbing

Dear sahabat pembaca buah belimbing, yang tentu saja buahnya sudah sangat dikenal baik oleh masyarakat di Indonesia pada umumnya. 

Buah belimbing (Averrhoa Carambola L) merupakan buah yang dihasilkan dengan baik pada wilayah yang mempunyai iklim tropis.

Menurut peneliti perihal tanaman, buah belimbing berasal dari negara Indonesia, India dan Sri Langka. Kini penyebaranya sudah ke banyak sekali negara, diantaranya hampir keseluruhan wilayah Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga dan Polinesia.

Wilayah di Indonesia yang dikenal sebagai penghasil buah belimbing dengan kualitas cukup baik ialah Kota Demak, Jawa Tengah. Keunggulan buah yang dihasilkan ialah dari bentuknya yang besar dan rasa yang manis.
 untuk kali ini penulis akan menyajikaan pembahasan perihal  Nih Buah Belimbing

Kota Depok menyebabkan buah belimbing sebagai ikon daerah, bukan tanpa lantaran tentunya, masih banyak ditemui lahan perkebunan yang ditanami dengan pohon belimbing atau pekarangan rumah masyarakat yang memang sengaja menanam pohonnya. Sudah tentu banyak buah belimbing yang dihasilkan dengan kualitas yang tidak kalah baiknya.

Buah belimbing mempunyai bentuk yang khas dan unik, gampang membedakannya dari buah lainnya, bentuknya oval dengan dinding buah bab luarnya bersiku meruncing membentuk segitiga, mempunyai lapisan kulit yang licin, apabila dipotong penampang buah akan berbentuk menyerupai bintang, oleh hasilnya dalam Bahasa Inggris buah ini disebut star fruit.

Rasa buah belimbing ada yang manis, ada juga yang elok keasaman. Buah ini banyak mengandung air dan sangat menyegarkan saat kita memakannya.

Jenis-Jenis Buah Belimbing

Ada beberapa varietas unggulan dari buah belimbing elok yang dikembangkan di Indonesia, diantaranya :
  1. Belimbing Demak dengan warna putih kekuningan

  2. Belimbing Bangkok kemerahan

  3. Belimbing Sembiring kekuningan

  4. Belimbing Malaya kuning keemasan

  5. Belimbing Madu orange

  6. Belimbing Wulan kuning kemerahan

  7. Belimbing Dewi kuning.
Jenis belimbing lain yang gampang ditemukan ialah belimbing sayur (Averrhoa Bilimbi) yang mempunyai bentuk lebih kecil dengan warna hijau kekuningan, rasa buahnya sangat asam bila dikonsumsi langsung. Biasanya penggunaannya untuk adonan memasak sayur atau diolah menjadi sirup yang menyegarkan.

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing


Komposisi Jumlah Komposisi Jumlah
Energi 31 Kcal Vitamin C 34,4 mg
Karbohidrat 6,73 g Vitamin E 0,15 mg
Protein 1,04 g Vitamin K 0 ug
Lemak Total 0,33 g Vitamin A 61 IU
Kolesterol 0 g Sodium 2 mg
Diet Fiber 2,80 g Potassium (Kalium) 133 mg
Folat 12 ug Phosfor 12 mg
Niacin 0,367 mg Kalsium 3 mg
Pyridoxine 0,017mg Besi 0,08 mg
Ribovlavin 0,016 mg Magnesium 10 mg
Thiamin 0,014 mg Zinc 0,12 mg
Nilai nutrisi per - 100 g
Sumber : USDA National Nutrient Database

Semoga gosip yang disampaikan oleh mengenai buah belimbing ini sanggup menambah pengetahuan dan berkhasiat bagi anda. Simak juga artikel perihal "Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh" yang telah lebih dahulu kami sampaikan.

0 Response to "Nih Buah Belimbing"

Posting Komentar