Nih Buah Apel

Dear sobat pembacainfo buah dan buah yang akan kita bahas kali ini yaitu wacana buah apel. Setiap orang tentunya sudah mengenal dan niscaya menyukai buah yang satu ini, gampang sekali untuk mendapat dan memperolehnya tidak menyerupai buah carica yang pernah kita bahas sebelumnya. 

Hampir sanggup dipastikan selalu ada stok buah apel di kios pinggir jalan, kios di pasar tradisional hingga stand buah di sebuah supermarket. Memetik buah apel dari pohonnya dan pribadi memakannya menawarkan pengalaman tersendiri yang hanya sanggup didapatkan pada beberapa daerah agrowisata buah.

Buah Apel (Malus Domestica) selain mempunyai rasa yang nikmat menyegarkan dan beberapa khasiat dari nutrisi yang dikandungnya, juga mempunyai tampilan bentuk yang elegan. Pada buah yang sudah masak (matang) mempunyai warna yang menarik, umumnya berwarna merah cerah atau merah renta (merah marun) namun ada juga yang berwarna hijau dan kuning mirirp menyerupai warna kulit buah aprium. Dari penampilan bentuk dan warna dari buah apel terkadang diserupakan dengan jenis buah lainnya menyerupai penamaan pada buah tomat apel atau jambu apel.
 untuk kali ini penulis akan kembali memberikan  Nih Buah Apel
Banyak versi sejarah wacana asal muasal buah apel yang kita kenal kini ini. Kemungkinan pohon apel telah tumbuh dan buahnya dikonsumsi insan semenjak zaman kerikil (masa prasejarah dimana kerikil banyak dipakai sebagai alat memotong dan sebagai senjata).

Definisi Buah Apel

Buah apel yaitu buah berbentuk bundar lonjong yang berasal dari pohon apel yang pohonnya sanggup ditemukan di banyak daerah diseluruh dunia dengan varietas yang berbeda-beda. Buah apel mempunyai kulit tipis yang umumnya terdiri atas 3 warna yaitu merah, kuning dan hijau sedangkan daging buahnya umumnya berwarna krem, sedikit keras tetapi renyah dan mempunyai rasa yang manis dengan sedikit adonan rasa asam.

Para mahir sejarah telah melaksanakan penelusuran dan menyatakan buah apel berasal dari wilayah barat daya Benua Asia, kemungkinan lainnya asal aslinya dari Negara Kazakhstan, Asia Tengah. Kemungkinan buah apel dibudidayakan pertama kali dalam komoditas pertanian. Kini tanaman apel telah tumbuh hampir di seluruh dunia dengan banyak sekali jenis dan varietas yang berbeda-beda.

Tanaman apel masuk ke Indonesia diperkirakan sekitar Tahun 1930-an. Penanaman pertama kali dilakukan di wilayah Nongkojajar (Kabupaten Pasuruan), Jawa Timur. Beberapa varietas buah apel yang di tanam di Indonesia antara lain Rome Beuty, Princess Noble, Manalagi, Anna, Wangli dan sebagainya.

Wilayah Batu Malang Jawa Timur melaksanakan penanaman buah apel pada sekitar Tahun 1960. Hingga dikala ini di wilyah Malang dan Pasuruan menjadi pusat produksi buah apel di Indonesia.

Buah apel umumnya berbentuk bulat, pada jenis tertentu bab ujung buah agak sedikit lonjong. Pada bab daerah tangkai buah terdapat cekungan ada yang datar ada yang agak dalam tergantung dari jenis buah. Kulit apel yang telah masak (matang) licin dan mengkilap dengan ketebalan kulit buah yang berbeda pula tiap jenisnya.

Daging buah berwarna putih, ketika dimakan akan terasa renyah dan berair, mempunyai rasa buah ada yang manis, ada pula yang manis dengan rasa sedikit asam dengan aroma khas buah apel yang harum dan menyegarkan.

Kandungan Nutrisi Buah Apel


Komposisi Jumlah Komposisi Jumlah
Energi 52 Kcal Vitamin C 4,6 mg
Karbohidrat 13,81 g Vitamin A 3 ug
Gula 10,39 g Vitamin B1 0,017 mg
Serat 2,4 g Vitamin B2 0,026 mg
Protein 0,26 g Vitamin B3 0,091 mg
Lemak 0,17 g Vitamin B5 0,061 mg
Air 85,56 g Vitamin B6 0,041 mg
Folat 3 ug Magnesium 5 mg
Fosfor 11 mg Besi 0,12 mg
Kalsium 6 mg Zinc 0,04 mg
Kalium 107 mg
Demikianlah ulasan wacana buah apel yang sanggup kami sampaikan, pada artikel berikutnya kami akan membagikan gambar clipart buah apel yang sanggup anda gunakan untuk mempercantik tampilan slideshow pada power point atau kegiatan office lainnya.

0 Response to "Nih Buah Apel"

Posting Komentar