Nih Buah Alpukat

Buah alpukat (Persea Americana Mill) merupakan buah yang berasal dari negara Meksiko dan wilayah Amerika Tengah. Buah berbentuk bundar lonjong (elips) panjang buah antara 10 Cm – 20 Cm, dengan kulit luar buah tipis berwarna hijau atau kecoklatan.

Buah alpukat mempunyai daging buah yang tebal berwarna hijau muda pada bab yang bersahabat dengan kulit buah dan warna kuning ibarat mentega pada bab yang bersahabat dengan biji. 

Biji buah berbentuk bundar dengan diameter antara 2,5 Cm – 5 Cm. Rasa daging buah apabila belum masak agak pahit, sedangkan jikalau sudah masak rasanya yummy bertekstur lembut dan lunak.

 merupakan buah yang berasal dari negara Meksiko dan wilayah Amerika Tengah Nih Buah Alpukat

Ciri buah yang sudah masak apabila di tekan sudah lunak, serta apabila digoyangkan buahnya (dikocok) akan terdengar koplok dimana biji buah sudah tidak menempel lagi pada daging buah. Untuk cara pemeraman yang tradisional buah yang belum masak sanggup ditimbun pada suatu wadah dengan beras didiamkan sekitar 2 – 3 hari buah sudah lunak dan masak (matang).

Buah alpukat cukup terkenal dan digemari untuk dikonsumsi pada masyarakat Indonesia, selain sanggup mengkonsumsi pribadi buah yang sudah masak, hampir sanggup dipastikan selalu ada buah alpukat pada perjuangan jus buah-buahan, selain itu tentunya sebagai embel-embel pada pembuatan es campur.

Banyak kandungan nutrisi dan manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah alpukat ini, terutama sekali kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam bentuk asam oleat. Namun pemanfaatannya tidak selalu dikonsumsi saja, buah yang sudah masak sanggup dilumatkan untuk dijadikan masker pada wajah atau tubuh. Tentu saja dengan kandungan nutrisinya diperlukan sanggup memperlihatkan kesehatan dan kesejukan pada kulit wajah dan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat


Komposisi Jumlah Komposisi Jumlah
Air 72,23 g Vitamin C 10 mg
Energi 160 kcal Thiamin 0,067 mg
Karbohidrat 8,53 g Riboflavin 0,13 mg
Gula 0,66 g Niasin 1,74 mg
Diet serat 6,7 g Asam Pantotenat 1,39 mg
Lemak 14,66 g Vitamin B6 0,26 mg
Asam lemak jenuh total 2,126 g Folat 81 µg
Asam lemak tak jenuh tunggal 9,80 g Kolin 14,2 mg
Asam lemak tak jenuh ganda 1,82 g Karoten, Beta 62 µg
Protein 2 g Karoten, Alpha 24 µg
Kalium 485 mg Cryptoxanthin 28 µg
Kalsium 12 mg Lutein + Karotenoid Zeaxhantin 271 µg
Besi 0,55 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 29 mg Vitamin A, RAE 7 µg
Fosfor 52 mg Vitamin A, IU 146 µg
Sodium 7 mg Vitamin E 2,07 mg
Zinc 0,64 mg Vitamin K 21 µg
Nilai kandungan nutrisi alpukat per 100 g (3,5 oz)
Sumber : USDA Nutrient Database

Artikel buah lainnya :


Tips menciptakan masker dari buah alpukat untuk kulit wajah

Bahan yang disiapkan :
  • Buah alpukat yang sudah masak 1 – 2 buah
  • 2 sendok makan madu murni
  • 2 sendok makan yoghurt
Cara pembuatan :
Haluskan buah alpukat hingga lumat (lebih mudah diblender), masukkan dalam sebuah wadah, kemudian campurkan madu murni serta yoghurt aduk hingga merata, masker buah alpukat siap digunakan.

Cara pemakaian :
Oleskan secara merata masker buah alpukat pada kulit wajah anda terkecuali bab mata, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah tamat anda tinggal membersihkan masker yang menempel dengan air hangat. 

Dengan melakukannya secara rutin dan teratur anda akan mendapat kulit wajah yang sehat alasannya yaitu penggunaan masker buah ini kondusif dan alami tanpa efek samping sedikitpun.

Semoga gosip buah yang disampaikan oleh ini sanggup menambah pengetahuan dan mempunyai kegunaan bagi anda.

0 Response to "Nih Buah Alpukat"

Posting Komentar