Nih Buah Pisang

Dear sahabat pembaca buah pisang (Musa Acuminata). Tentu tidak akan sulit untuk menemukan buah yang sudah sangat familiar ini. Pohon pisang gampang sekali tumbuh subur di Bumi Indonesia, tidak hanya pada area perkebunan saja tapi kita masih bisa menjumpainya di pekarangan-pekarangan rumah masyarakat alasannya memang mudahnya untuk ditanam. 

Pohon pisang tumbuh dengan baik pada wilayah yang beriklim tropis, yang mempunyai jumlah panas matahari dan kelembaban yang cukup, dengan curah hujan yang hampir merata sepanjang tahunnya. Sehingga produksi buah pisang hampir sanggup dikatakan tidak mengenal musim. 

 untuk kali ini penulis akan menghadirkan pembahasan sekelumit wacana  Nih Buah PisangPisang mempunyai sejarah yang panjang hingga sanggup dikenal dan dikonsumsi menyerupai kini ini. Tanaman pisang berasal dari hutan-hutan di wilayah Asia Tenggara (Indonesia dengan jenis-jenis pisang yang lebih banyak) yang telah ditanam dan dibudidayakan kemudian menyebar hingga ke seluruh dunia. Hingga kini pisang menjadi salah satu buah yang terkenal di banyak sekali negara.

Buah pisang yang telah masak (matang) umumnya berwarna kuning, namun ada pula yang sesudah masak tetap berwarna hijau, ada pula yang merah, jingga, ungu hingga warna merah kehitaman. Buah pisang bersusun-susun mulai dari sesudah pangkal tandan hingga ke potongan jantung pisang, membentuk kelompok-kelompok menjari terdiri dari beberapa buah pisang atau biasa disebut sisir.

Jantung pisang berisi sisir-sisir kembang pisang yang kemudian sesudah adanya penyerbukan menjadi buah pisang muda. Adapun bentuk buah pisang tergantung dari jenisnya, umumnya yang kita kenal bentuknya memanjang mempunyai lengkungan, sedikit mengerucut di potongan ujung buah. Karena adanya bentuk lengkungan inilah sering kita dengar istilah tendangan pisang pada olahraga sepakbola. 

Bentuk buah pisang sedikit terlihat agak kotak memanjang ke arah ujung, namun sesudah di buka kulitnya, daging buahnya akan terlihat bundar melengkung memanjang. kulit buah mempunyai ketebalan berbeda tergantung dari jenisnya, umumnya sedikit tebal dengan potongan luar agak sedikit kasar. Begitupun rasa buah, umumnya manis, namun ada pula yang mempunyai sedikit rasa asam.

Pohon pisang selain dari buahnya untuk dikonsumsi, ada bagian-bagian lainnya yang masih bisa dimanfaatkan, menyerupai :

1. Daun Pisang
Umumnya dimanfaatkan untuk membungkus makanan, akan mempunyai aroma berbeda kalau membungkus kuliner dengan daun pisang ini. Pelepah pisang yang masih berdaun sanggup dipakai sebagai peneduh darurat di kala hujan.

2. Jantung Pisang
Dapat dijadikan olahan kuliner yang cukup nikmat, pengolahannya biasanya dengan cara ditumis atau sebagai adonan pada sayur lodeh.

3. Batang / Gedebong Pisang
Setelah pisang dipanen maka batang pisang dan daunnya sudah tidak sanggup tumbuh kembali, biasanya petani menebangnya untuk dijadikan pupuk. Pemakaiannya gedebong pisang dicacah bergairah terlebih dulu untuk kemudian disebarkan ke area pohon pisang lainnya yang masih tumbuh.
Air pada batang pisang juga sanggup dijadikan tonik untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Cacahan batang pisang merupakan media yang baik untuk perjuangan peternakan cacing jenis rubellus lumbricus.

4. Pelepah Pisang
Pelepah pisang yang sudah dikeringkan biasanya dimanfaatkan pada jenis perjuangan kerajinan rumahan. Beberapa hasil kerajinan yang dihasikan antara lain : tas, tikar, sendal, kap lampu, daerah tissue dan lain-lain.

5. Kulit Pisang.
Kulit pisang di pedesaan biasanya dijadikan pakan untuk ternak atau dibiarkan saja menjadi limbah. Setelah dilakukan penelitian wacana kulit pisang ini, banyak manfaat yang sanggup dihasilkan, contohnya : sebagai materi baku pembuatan shampoo, permen kulit pisang, jenis kuliner kecil (kue) dari kulit pisang, materi baku pembuatan bio diesel dan lain sebagainya.

Buah pisang menurut cara mengkonsumsinya dibedakan menjadi dua, adalah :
  • Pisang Meja, dimana buah dikonsumsi eksklusif ketika telah masak (matang), menyerupai : Pisang ambon, pisang susu, pisang raja, pisang seribu, pisang lampung, pisang giant cavendish.
  • Pisang Olahan, bahu-membahu jenis pisang olahan bisa saja dimakan eksklusif sesudah masak, akan tetapi akan lebih nikmat bila telah diolah menyerupai dibakar, digoreng, direbus maupun dikolak. Jenis pisang olahan diantaranya : pisang tanduk, pisang nangka, pisang kepok, pisang uli, pisang siam.

Buah pisang juga sanggup dijadikan sebagai kudapan yang biasa dijajakan, seperti  keripik pisang, sale pisang, pisang epe, pisang molen, pisang coklat.

Buah pisang bisa menyediakan cadangan energi tinggi yang diperlukan badan dalam waktu yang singkat dibanding buah lainnya. Pisang dijadikan kuliner alternatif untuk meningkatkan energi pada acara aktifitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, biasanya atlet olahraga akan mengkonsumsinya ketika istirahat pertandingan. Buah pisang banyak mengandung mineral menyerupai kalium, magnesium, fosfor, besi dan kalsium.

Pisang juga mengandung beberapa jenis vitamin menyerupai vitamin A, C, B kompleks, K, B6 dan mempunyai kandungan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Berikut ini sajikan tabel nutrisi buah pisang :

Kandungan Nutrisi Buah Pisang


Komposisi Jumlah Komposisi Jumlah
Energi 90 kcal Vitamin K 0,5 mg
Karbohidrat 22,84 g Sodium 1 mg
Protein 1,09 g Potassium 358 mg
Lemak Total 0,33 g Kalsium 5 mg
Diet serat 2,60 Tembaga 0,078 mg
Folat 20 µg Besi 0,26 mg
Niacin 0,67 mg Magnesium 27 mg
Asam Pantothenic 0,33 mg Mangan 0,270 mg
Pyrodoxine 0,37 mg fosfor 22 mg
Riboflavin 0,73 Selenium 1,0 µg
Thiamin 0,31 mg Zinc 0,15 mg
Vitamin A 64 IU Karoten, Alpha 25 µg
Vitamin C 8,7 mg Karoten, Beta 26 µg
Vitamin E 0,10 mg Lutein-Zeaxhanthin 22 µg
Nilai kandungan nutrisi buah pisang per 100 g (3,5 oz)
Sumber : USDA Nutrient Database

RESEP PISANG COKLAT MINI (PISCOK MINI)


Bahan yang disiapkan :

* 1 Sisir pisang kepok
*  Kulit lumpia
* Coklat Nuttela
* 1 Butir telur

Cara Pembuatan :

1. Belah pisang menjadi 2, dipanggang sebentar saja
2. Kocok telur, siapkan lembaran kulit lumpia
3. Isi kulit lumpia dengan pisang, masukkan coklat nuttela secukupnya dan dilipat, olesi dengan kocokan telur lakukan hingga semua pisang terbungkus lumpia.
4. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng, bila minyak sudah panas kecilkan api, kemudian goreng pisang hingga terlihat warna kecoklatan.
5. Angkat dan tiriskan, piscok mini siap disajikan.

Semoga gosip mengenai buah pisang yang disampaikan sanggup menambah wawasan dan pengetahuan serta mempunyai kegunaan bagi anda.
 

0 Response to "Nih Buah Pisang"

Posting Komentar